by

Cari Tahu Keunggulan dan Kekurangan Oppo Neo 7, Yuk!

Oppo sebagai salah satu pabrikan smartphone yang cukup sukses di Indonesia merilis smartphone kelas low-end yaitu Oppo Neo 7 yang mempunyai kualitas dan fitur yang boleh diadu dengan smartphone kompetitor lainnya. Smartphone kelas medium ini merupakan ponsel pintar yang sudah kompatibel dengan jaringan LTE alias 4G. Jika Anda tertarik untuk memiliki ponsel pintar ini, maka simak keunggulan dan kekurangan Oppo Neo 7 yang akan diulas pada tulisan ini.

Ulasan pertama dari bagian layar Oppo Neo 7, layar smartphone ini memiliki besar 5 inchi dengan resolusi 540×960 pixels. Meskipun luas layar yang seperti itu namun bagian layar ini masih bisa dikatakan sebagai kekurangan lantaran resolusi yang diberikan masih dirasa rendah dibandingkan dengan smartphone lainnya yang telah memakailayar dengan resolusi yang lebih baik. Biarpun dikatakan resolusinya rendah, namun untuk masalah kontras dan warna Oppo Neo 7 bisa dikatakan baik, sama halnya dengan kecerahan layarnya. Kecerahan layar smartphone ini masih dapat dilihat walaupun di bawah paparan sinar matahari langsung.

Selanjutnya bergeser ke urusan prosesor serta hardware yang di pakai Oppo Neo 7. Ponsel pintar ini mengusung prosesor yang bisa dikategorikan biasa ini. Dikatakan biasa-biasanya saja lantaran prosesor cuma bisa untuk melakukan aktivitas multitasking biasa, seperti browsing, membuka aneka media sosial dan beberapa aktivitas ringan yang lain. Masalah grafis juga dapat dikatakan tak begitu spesial lantaran hanya ada GPU Adreno seri 306 saja.

oppo neo 7

Bergeser ke ulasan mengenai desain dan tampilan smartphone Oppo Neo 7. Oppo seri ini mirip atau menyerupai Oppo Mirror5. Kemiripan ini terletak pada body belakang ponsel pintar ini sama dengan Oppo Mirror 5, hanya saja pada ponsel Oppo Neo 7 tidak dilengkapi dengan efek cermin seperti pada Mirror 5.

Smartphone Oppo Neo 7 lahir dengan dimensi berukuran 142,7×71,7×7.5 mm. dilihat dari tampilannya HP ini bisa dikatakan lebih tebal jika dibandingkan dengan seri Mirror 5, hanya saja Neo 7 lebih enteng bobotnya. HP ini hanya memiliki berat lebih kurang 141 gram. Sedangkan untuk pilihan warna, Oppo Neo 7 tersedia dalam dua warna yaitu putih-gold dan hitam-silver. Desainnya juga lumayan cantik meskipun tidak spesial. Oppo Neo 7 terasa nyaman digenggam lantaran ukurannya yang tidak begitu lebar.

Sama halnya dengan smartphone level low-end yang lain, Oppo Neo 7 memiliki ROM yang berkapasitas 16 GB. Kapasitas ini setelah terpangkas dengan aplikasi bawaan maka tersisia ruang sebesar 10,57 GB. Ponsel pintar ini masih bisa ditambah dengan penyimpanan eksternal sampai 128 GB. Akan tetapi slot microSD lokasinya sama dengan lokasi slot SIM 2, sehingga harus ada satu yang dikalahkan, mau nambah microSD atau tetap dengan SIM 2.

Hanya saja faktor lemah dari kapasitas memori Oppo Neo 7 ini adalah kapasitas RAM hanya sebesar 1 GB sedangkan ponsel pintar pesaingnya sudah memiliki RAM minimal 2 GB. Minimnya kapasitas RAM ini menjadikan penggunanya akan kesulitan menjalankan berbagai macam aplikasi yang dipasangnya. Sehingga smartphone ini hanya mampu bekerja maksimal dengan minimum aplikasi.

Bagian penting yang tak boleh terlewat adalah baterai Oppo Neo 7. Kapasitas beterainya 2.420 mAh. Baterai ini masih dikatakan kecil lantaran hanya mampu bertahan selama 11 jam lebih dalam kondisi HP aktif dalam sinyal 4G. Jika mau bersaing lebih, maka idealnya Oppo membekali smartphone ini dengan baterai yang memiliki kapasitas lebih besar dan daya tahan yang lebih lama.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *